Blog yang berisi berita - berita, pikiran - pikiran, kisah dan tulisan - tulisan yang di tulis langsung oleh Rissa Indrasty, seorang mahasiswa jurusan jurnalistik . :)

Rabu, 27 April 2016

Mitos Seram Merapi

Isak tangis mewarnai kediaman Erry Yunanto, salah satu mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang belakangan ini menggemparkan televisi, surat kabar dan media sosial.

Berita yang sungguh-sungguh mengguncangkan hati, tak hanya pihak keluarga, tapi juga khalayak publik yang pertama kali membaca judul besar dari berita ini.

“Erri terjatuh ke dalam kawah merapi setelah berfoto selfie” , begitulah berita yang berhasil membuat semua orang bergidik ngeri.

Peristiwa yang membuat orang yang membacanya mendekatkan wajah ke arah berita sambil mengerutkan kening, membuat orang yang mendengar berita tersebut harus bertanya untuk kedua kalinya apakah berita tersebut benar, dan yang pasti membuat hati semua orang luruh.

Sangat disayangkan dan tidak di sangka-sangka bahwa hari itu adalah hari terakhir erri yang masih muda menikmati hobby nya sebagai mahasiswa pecinta alam.Erri terjatuh ke dalam kawah setelah beberapa menit berfoto selfie di atas sebuah batu yang sangat curam, yang letaknya di pinggir kawah gunung merapi.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung di Indonesia.Di sebut gunung merapi karena merupa gunung api yang paling aktif di dunia.Hal ini bisa terlihat dari catatan sejarah gunung ini, yang memiliki riwayat telah meletus sebanyak 68 kali semenjak tahun 1548.Walaupun berbahaya, gunung merapi dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat.

Letak gunung merapi berada di tengah pulau Jawa, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Sleman, Kabutpaten Magelang, Kabupaten Boyolali, serta Kapaten Klaten.Memiliki ketinggian puncak 2.968 m di atas permukaan laut.Menurut para ahli yang meniliti merapi, gunung ini sangat berbahaya karena dapat mengalami erupsi setiap dua hingga lima tahun sekali.

Kabarnya, gunung merapi memiliki mitos - mitos dan kisah - kisah misteri di dalamnya.Banyak kisah seram dari nenek moyang terdahulu maupun dari pengalaman-pengalaman para pendaki.Bagaimana tidak, di gunung itu ribuan nyawa pernah melayang karena kedasyatan awan panas nya yang menyapu bersih dan menerjang apapun yang menghalangi jalannya.

Kisah Erri yang jatuh ke kawah merapipun tak luput keterkaitannya dengan kisah horor dan misteri yang membuat bulu kuduk berdiri.Salah satunya batu menjulang tinggi dan curam yang diduduki erry sebelum terjatuh.Menurut isu yang beredar, batu tusuk gigi yang puncak nya di duduki erri ketika berfoto selfie menyembunyikan cerita misteri.

Batu yang menjulang tinggi yang bentuknya cukup mengerikan dan terlihat sangat berbahaya untuk di naiki tersebut, isunya mirip dengan batu yang dahulunya disebut batu puncak garuda.Dikatakan batu puncak garuda karena memang bentuk batu tersebut dahulu terdapat batu yang di puncaknya mirip burung garuda yang bertengger.

Batu puncak garuda dahulu merupakan batu kebanggan para pendaki gunung dan para warga setempat.Batu ini berdiri dengan sangat kokoh, seperti menunjukkan memang dia lah batu yang paling tidak terkalahkan.Di tambah lagi ada batu burung garuda yang sedang bertengger dengan gagahnya yang menunjukkan burung tersebut adalah hewan terkuat dan tidak takut apapun yang menghalanginya.

Kekokohan batu puncak garuda ini memang terbukti, selama bertahun-tahun bertahan melawan terjangan dan keangkuhan gunung merapi yang selalu menunjukkan bahwa ia adalah penguasa yang tak terkalahkan. Tapi, batu puncak garuda tetap bertahap seakan-akan memegang prinsip di antara yang kuat pasti ada yang lebih kuat.Batu puncak garuda seperti ingin menguburkan kesombongan dari merapi yang sangat angkuh.

Tetapi pada tahun 2010 gunung merapi kembali mengamuk dengan dahsyatnya, letusan kemarahannya menghancurkan apapun yang berada di sekitarnya tanpa pandang bulu.Di saat itulah, batu yang merupakan puncak tertinggi gunung merapi tersebut akhirnya menyerah karena terlalu lelah.Batu puncak garuda akhirnya luruh atau menghilang.

Mitos gunung merapi lain adalah gunung merapi di katakan sebagai tempat yang merupakan kerajaan makhluk halus.Hal ini membuat para pendaki yang beniat mendaki gunung merapi sendirian, memutuskan untuk mengajak teman dan minta di tuntun oleh guide atau kuncen di daerah tersebut.Pasalnya, gunung merapi di kuasai makhluk gaib yang bisa saja membahayakan pendaki yang sendirian.

Pusat kerajaan makhluk gaib di gunung merapi sering disebut dengan kraton merapi.Kraton merapi ini segala nya di huni , di kendalikan dan jalankan oleh jin. Raja yang menguasai kerajaan makhluk gaib ini adalah Eyang Merapi.Eyang merapi yang memutuskan apa saja yang terjadi pada gunung merapi, dengan di bantu oleh eyang-eyang lainnya yang memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan atas perintah eyang merapi.

Hal kedua yang merupakan tempat kedua yang paling terkenal untuk memicu percepatan jantung di gunung merapi adalah pasar bubrah.Pasar brubah merupakan sebuah punggung bukit yang letaknya tepat berada di bawah kawah Merapi.Keadaan pasar bubrah sendiri cukup datar dan dengan di dominasi bebatuan bekas sisa letusan gunung Merapi terdahulu.Lokasi ini juga bukan bagian dari hutan dan tidak terdapat pohon tinggi besar sama sekali.

Akibat keadaan pasar bubrah yang datar, pasar bubrah menjadi tempat favorite para pendaki untuk beristirahat.Apalagi, di tambah jarak pasar brubah dan merapi hanya satu kolometer.Di pasar bubrah, para pendaki mendirikan tenda untuk bermalam di malam hari, mengistirahatkan tubuh, memakan perbekalan dan menghangatkan diri dari dinginnya angin yang memubuat menggigil.

Malam hari di pasar bubrah merupakan puncak dari misteri yang selama ini santer terdengar di telinga orang-orang yang pernah mendaki gunung merapi. Menurut para pendaki, malam-malam di pasar bubrah biasanya para pendaki mendengar suara riuh seperti sedang berada dalam sebuah keramaian.

Suara riuh tersebut persis sekali seperti aktivitas jual beli di pasar.Selain aktivitas jual beli, di lokasi ini juga terdegar suara-suara gamelan dan gending jawa yang sayup-sayup terdengar di antara suara-suara aktivitas jual beli.Padahal di tempat tersebut merupakan lahan kosong, tidak terlihat adanya pasar di sekitar tempat tersebut.Lalu, batu-batu yang terdapat di sekiitar lokasi pasar bubrah di percaya masyarakat sebagai meja dan kursi makannya para pengunjung yang tak lain adalah makhluk halus.

Oleh karena itu, tempat melepas lelah para pecinta alam yang sungguh menyeramkan ini di sebut dengan pasar bubrah.Mungkin untuk para pendaki yang nyali nya kecil, tidak akan bisa menyebut tempat ini tempat istirahat.Karena sudah di pastikan mereka tidak akan bisa tidur sepanjang malam karena suara berisik yang membuat tubuh bergertar ketakutan seperti sedang mereka bena-benar terasa dekat dan memperhatikan kita.

Selain suara-suara, tak sedikit para penikmat alam yang menginap di pasar bubrah pernah melihat penampakan makhluk gain.Diantaranya adalah penampakan sosok kuntilanak yang bergelantungan di bukit, atau makhluk gaib yang menjelma sebagai pendaki lain dengan berjalan tidak menapak ke tanah atau melayang,para penghuhuni kraton sering memunculkan diri, dan para nyai sinden dengan pakaian khas tradisional.

Mitos terakhir dari gunung merapi adalah Nyai Melati.Nyali Melati biasanya datang ke dalam mimpi orang-orang sebagai penanda akan terjadi hal buruk berupa pennda akan terjadi letusan dalam waktu dekat.

Setelah mendengar kisah misteri dan mitos gunung merapi, rasa nya sangat seram jika ingin bendaki sendirian.Sebaiknya mendakilah dengan orang yang sangat tau tentang keadaan dan situasi gunung merapi.Karena selain angker, gunung merapi juga memiliki medan yang cukup berbahaya untuk pergi mendaki seharian.Bila salah jalan , bisa saja tersesat selama berhari-hari di dalam hutan angker gunung merapi.

















Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Definition List

Unordered List

Support